Jeniper,minuman khas Kuningan

 



Berkunjung ke kota kuningan rasanya kurang lengkap apabila anda tidak membeli minuman khas dari kota kuningan. Salah satu minuman yang kini menjadi ciri khas dari kota kuningan adalah minuman jeniper. Jeniper sendiri singkatan dari jeruk nipis peras, dimana minuman ini banyak sekali memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh anda. Oleh sebab itu minuman jeniper ini selalu banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke kota kuningan untuk dijadikan oleh-oleh. Jeruk nipis atau yang memiliki nama lain Citrus aurantifolia swingle selama ini dikenal memiliki kandungan vitamin B1 dan Vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan vitamin ini berkhasiat untuk membantu mengobati penyakit seperti influenza, batuk, serta dapat melangsingkan badan.

Minuman jeniper sendiri tersedia dalam dua jenis, yakni jenis yang siap minum dan juga  jenis sirup. Untuk jenis siap minum dikemas dalam botol kecil sedangkan untuk yang jenis sirup dikemas dalam kemasan yang lumayan besar. Jeruk Nipis Peras ini rupanya sudah ada sejak tahun 1996. Bermula dari percobaan selama 1 tahun yang dilakukan oleh sosok bernama (Alm) Kardono Sastrasuhadja untuk membuat minuman dari sari jeruk nipis, akhirnya lahirlah sebuah formula yang cocok untuk menghasilkan sari jeruk nipis yang pas.Manfaat minum Jeniper diantaranya ialah:

Menyeimbangkan Asam Lambung

Asam Lambung yang tidak seimbang dapat menyebabkan penyakit maag. Dengan meminum Jeniper maka sari jeruk nipis yang masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi alkaline yang mampu menyeimbangkan asam lambung.

Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C yang terkandung di dalam minuman ini akan membantu tubuh untuk tetap terjaga dari berbagai serangan penyakit serta dapat mengembalikan kebugaran.

Menurunkan Berat Badan

Untuk para wanita atau pria yang ingin menurunkan berat badan, coba minum ini deh. Kandungan serat pangan yang ada di dalamnya bisa membantu kita untuk menghilangkan lemak dalam tubuh.

Mengobati Panas Dalam dan Sariawan

Gejala panas dalam dan Sariawan bisa dikurangi dengan mengkonsumsi minuman ini secara rutin

Memperlancar Pencernaan

Saat ini banyak sekali produk obat bagi masalah pencernaan yang mengandung sari jeruk nipis di dalamnya. Kenapa begitu? Karena kandungan serat dan asam yang cukup tinggi dalam sari jeruk nipis memang mampu menyembuhkan berbagai macam masalah pencernaan

Detoksifikasi Alami

Flavanoid bernama Hesperidin yang ada di dalam jeruk nipis terbukti mampu menurunan kadar kolestrol dan trigliserida.

Minuman yang menjadi ciri khas Kota Kuningan ini dapat diminum ketika santai maupun saat tubuh membutuhkan asupan tambahan vitamin.

 

 

Post a Comment

0 Comments